Analisis Alokasi Waktu Bahasa Inggris kelas 8 Semester 2 k13 revisi 2017

Analisis Alokasi Waktu Bahasa Inggris kelas 8 Semester 2 k13 revisi 2017

Advertisement

Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib di seluruh tingkat satuan pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/SMK. Terlebih lagi mata pelajaran ini termasuk salah satu mapel Ujian Nasional. Maka dari itu, para guru harus dapat mengatur alokasi waktu yang tepat sehingga semua materi pembelajaran dapat terpenuhi semua.

Analisis atau perhitungan alokasi waktu bahasa inggris penting dilakukan untuk mencapai seluruh Standar Kompetensi dalam waktu satu semester. Analisis alokasi waktu merupakan jumlah minggu pada 1 semester atau tahun pelajaran yang digunakan untuk proses pembelajaran. Dengan kata lain alokasi waktu merupakan waktu yang diperlukan untuk mencaoai satu Kompetensi Dasar (KD).

Nah, jumlah jam setiap minggu untuk setiap mata pelajaran berbeda satu dengan lainnya. Waktu yang tersedia dalam satu jam mata pelajaran berbeda dalam setiap tingkatan, 35 menit untuk SD/MI, 40 menit untuk SMP/ Mts, serta 45 menit untuk SMA/ SMK. Ingin memperhitungkan alokasi waktu pembelajaran? Nah, untuk melakukan hal itu Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan di bawah ini.

1. Buku panduan kompetensi, untuk mengetahui materi, termasuk didalamnya Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar apa saja yang akan diajarkan dalam satu semester.

2. Kalender Pendidikan atau Kaldik, berfungsi untuk menghitung minggu efektif untuk pembelajaran.

3. Struktur kurikulum digunakan untuk mengetahui alokasi mata pelajaran setiap minggunya.

Ketiga bahan diatas penting dipersiapkan agar Anda tidak bingung dalam menghitung. Dalam menghitung alokasi waktu tentu ada tahapan yang perlu Anda lakukan. Untuk lebih mudahnya, saya sajikan langkah perhitungan alokasi waktu beserta contohnya.

Berikut ini langkah-langkah perhitungan alokasi waktu semester genap.

1. Menghitung jumlah minggu dalam satu semester Perhitungan dilakukan dengan cara mencatat jumlah minggu per bulan. Untuk semester kedua dimulai dari bulan Januari hingga Juni.

2. Menentukan jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester

3. Menghitung minggu efektif dengan cara jumlah minggu dikurangi jumlah minggu tidak efektif,

4. Setelah tahu jumlah minggu efektif (JME), kemudian lihatlah jam mata pelajaran (JMP) perminggu yang terdapat pada struktur kurikulum 5. Menghitung banyak jam efektif (JE)

JME didapatkan dari jumlah minggu efektif dikali jumlah jam pelajaran. Misalnya JME 20 minggu , sedangkan JMP 5 jam. Maka perhitungannya ialah 20 minggu x 5 minggu= 100 jam dalam satu semester.

6. Terakhir, menghitung alokasi waktu per KD, diperoleh dari jam efektif dibagi jumlah KD

Inilah contoh format Analisis Alokasi Waktu Bahasa Inggris Semester 2 kurikulum 2013 revisi 2017

gambar analisis alokasi waktu bahasa inggris k13 revisi 2017

Ingin dormat lengkap analisis alokasi waktu terbaru kurikulum 2013 revisi 2017? silahkan klik "COMOT ANALISIS DOC"

Demikian cara menghitung alokasi waktu pembelajaran beserta bahan yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

advertisement

Your Reactions:

Admin
Pengalaman Adalah Guru Yang kejam, Tetapi Anda Akan Belajar Dengan Cepat!.